Cara Menulis Testimoni – Saran Terbaik Hari Ini

Testimoni bisa menjadi alat pemasaran yang kuat untuk bisnis apa pun. Jika Anda pernah diminta menulis testimoni, atau jika Anda ingin menulisnya secara sukarela, pasti Anda ingin menulis testimoni yang bermanfaat dan persuasif. Untuk menulis testimoni yang efektif, mulailah dengan mendeskripsikan masalah yang Anda hadapi kemudian jelaskan bagaimana produk situs slot deposit 10 ribu atau layanan yang sedang Anda tulis dapat memecahkan masalah Anda. Tutup dengan merekomendasikan produk atau layanan tersebut kepada orang lain.

Tulis perkenalan. Mulaiah testimoni dengan memberi sedikit informasi tentang diri Anda. Masukkan element yang dapat membuat testimoni Anda lebih berbobot atau membuat opini Anda lebih bermanfaat.

Banyaknya dan tipe informasi yang sebaiknya Anda berikan tentang diri Anda tergantung pada produk atau layanan. Testimoni seharusnya relatif pendek. Jadi, pastikan Anda hanya memasukkan informasi yang dapat membuat testimoni lebih berbobot atau bermanfaat. Contoh, jika Anda menulis testimoni tentang sampo natural untuk anjing, detail bahwa Anda adalah seorang kapster anjing tersertifikasi adalah poin yang penting. Namun, jika Anda menulis testimoni untuk pelatih personal, informasi tersebut tidak relevan.

Ceritakan situasi Anda. Buka testimoni dengan mendeskripsikan masalah yang Anda miliki sebelum Anda mencoba produk atau layanan yang menjadi subjek testimoni. Buatlah tulisan yang singkat, tetapi masukkan sebanyak mungkin fakta-fakta spesifik. Fakta akan membuat pembaca testimoni mampu membandingkan situasi sebelum dan setelah Anda menggunakan produk atau layanan. Jika Anda menunjukkan bukti ini sendiri, testimoni Anda akan lebih bermanfaat. Agar testimoni tetap singkat, Anda sebaiknya hanya memasukkan fakta yang terdampak langsung oleh produk atau layanan. Contoh, jika bisnis Anda memiliki masalah dalam mengelola akun media sosial, Anda dapat berkata, “Halaman fb bisnis saya hanya memiliki 10 pengikut dan rata-rata hanya dilihat kurang dari sekali sehari.”

Sebutkan alternatif-alternatif yang telah Anda coba. Jika relevan, Anda dapat menulis satu atau dua baris tentang produk atau layanan lain yang telah Anda coba untuk memecahkan masalah Anda. Deskripsikan secara spesifik bagaimana produk-produk atau layanan tersebut gagal membantu Anda.[4] Menulis alternatif-alternatif akan sangat bermanfaat jika Anda telah mencoba produk atau layanan yang ditawarkan kompetitor dan produk atau layanan tersebut tidak dapat memecahkan masalah Anda. Menggunakan contoh media sosial, Anda dapat berkata, “Kami menyewa jasa Perusahaan X untuk mengelola akun kami, tetapi setelah 30 hari, mereka gagal mendorong orang melihat atau mengikuti halaman kami.” Tulis catatan non-public tentang bagaimana rasanya mencoba produk atau layanan lain dan tidak mendapatkan hasil. Pembaca akan berempati dan tertarik pada cerita Anda.

Tulis tantangan yang Anda hadapi. Setiap produk atau layanan memiliki kekurangan. Jika ada alasan kenapa awalnya Anda menolak produk atau layanan yang sedang Anda beri testimoni, tulis bagaimana Anda menyelesaikan isu ini. Setelahnya, mulailah bercerita tentang solusi masalah.[5]
Biaya biasanya merupakan tantangan potensial. Contoh, Anda dapat berkata, “Awalnya kami ragu menggunakan Perusahaan Y karena harganya dua kali lebih mahal daripada Perusahaan X. Namun, ketika Perusahaan X gagal, kami memutuskan untuk mencoba Perusahaan Y – dan itu adalah keputusan terbaik yang pernah kami buat.”